Pembuatan
rancangan basis data untuk sistem informasi manajemen aplikasi permainan
edukasi ini diawali dengan membuat Entity
Relationship Diagram (ERD), yang
kemudian dirubah menjadi Logical Record Structure (LRS), gambaran dari LRS tersebut akan
menghasilkan sebuah tabel relasi basis data. Tabel basis data tersebut kemudian
di normalisasi untuk mencegah terjadinya duplikasi maupun redudansi data.
Proses selanjutnya adalah pembuatan spesifikasi basis data serta rancangan
kodenya.
1.
Diagram E-R (Entity
Relationship Diagram)
Hubungan
diagram E-R (Entity Relationship) ini
pada dasarnya didapat dari hasil analisa data sebagai berikut:
Gambar 4.1 Diagram
E-R (Entity Relationship Diagram)
Dari
diagram di atas, dapat kita lihat bahwa entity yang didapat dari hasil analisa
simpanan adalah pembuat game dan game dengan hubungan untuk membuat. Akan
tetapi guna mengatur proses pengunduhan sehingga dapat didata, serta untuk
melihat perkembangan sistem, maka dibuatlah sebuah entity lain, yaitu pengguna
game, yang dihubungkan dengan entity game dengan hubungan unduh.
1.
Transformasi ERD ke bentuk LRS
Transformasi
diagram ERD ke LRS merupakan suatu kegiatan untuk membentuk data-data dari
diagram hubungan entitas ke suatu LRS. Diagram ER diatas akan ditransformasikan
ke bentuk LRS. Berikut adalah langkah pengelompokkan pada diagram ER untuk
menentukan entity pada diagram LRS.
Gambar 4.2 Transformasi diagram E-R ke bentuk LRS
Proses membuat game dapat digabungkan dengan entity Game, begitu juga
dengan unduh, yang dapat digabungkan dengan game. Untuk pembuat Game dan
Pengguna Game tetap merupakan sebuah entity tanpa perubahan maupun
penggabungan. Proses selanjutnya adalah membuat LRS dari diagram di atas,
dengan cara menyatukan proses-proses yang digabungkan ke dalam entity.
1.
LRS (Logical Record Structure)
Setelah
ERD ditransformasikan ke bentuk LRS, maka hasil akhir dari proses transformasi
tersebut adalah sebuah diagram yang sudah dapat menggambarkan basis data yang
akan digunakan. LRS terdiri dari tipe record, yang berupa sebuah persegi dengan
field yang dibutuhkan di dalamnya. LRS terdiri juga dari hubungan antara tipe
record tersebut.
Gambar
4.3 Logical Record
Structure (LRS)
Dari
diagram di atas dapat kita lihat bahwa LRS untuk sistem ini terdiri dari 3 tipe
record, yaitu pembuat, game dan pengguna. Pembuat berhubungan dengan game dan
record pengguna dengan game.
1.
Transformasi LRS ke Tabel Relasi
Dari
gambar LRS di atas, dapat dibuat konsep rancangan tabel relasi, yang kemudian
kita normalisasi untuk mendapatkan sebuah rancangan tabel relasi yang akan
digunakan di dalam sistem kita.
1.
Pembuat
Kd_pembuat
|
nama
|
instansi
|
telepon
|
email
|
PK
|
CK
|
1.
Game
Kd_game
|
judul
|
deskripsi
|
jenis
|
kategori
|
||
PK
|
||||||
screenshot
|
Kd_pembuat
|
Kd_pengguna
|
Tgl_unduh
|
|||
FK
|
FK
|
|||||
1.
Pengguna
Kd_pengguna
|
email
|
PK
|
CK
|
1.
Normalisasi
4.1.5.1 Tabel Pembuat
Berikut
adalah bentuk awal dari tabel pembuat sebelum dinormalisasi:
Tabel Pembuat (Unnormal)
:
Kd_pembuat
|
Nama
|
instansi
|
telepon
|
email
|
Password
|
PK
|
CK
|
Gambar
4.4 Bentuk awal tabel pembuat
1.
1 NF
Tidak
perlu melakukan perubahan pada tabel pembuat untuk proses normalisasi 1NF,
dikarenakan tabel pembuat sudah memenuhi persyaratan bentuk 1NF, yaitu tidak
memiliki atribut yang berulang. Dapat dilihat dari setiap atribut dari tabel
pembuat bersifat atomik (tunggal).
Tabel Pembuat (1NF) :
Kd_pembuat
|
Nama
|
instansi
|
telepon
|
email
|
Password
|
PK
|
CK
|
Gambar
4.4 Normalisasi 1NF tabel pembuat
1.
2 NF
Tidak
perlu melakukan perubahan pada tabel pembuat untuk proses normalisasi 2NF,
dikarenakan tabel pembuat sudah memenuhi persyaratan bentuk 2NF, yaitu tidak
ada partial depedency, setiap atribut pada tabel memiliki ketergantungan penuh
pada primary key tabel
tersebut. Setiap atribut dari tabel pembuat memiliki ketergantungan penuh pada
atribut kd_pembuat (primary key).
Tabel Pembuat (2NF) :
Kd_pembuat
|
Nama
|
instansi
|
telepon
|
email
|
Password
|
PK
|
CK
|
Gambar 4.4 Normalisasi 2NF tabel pembuat
1.
3 NF
Tidak
perlu melakukan perubahan pada tabel pembuat untuk proses normalisasi 3NF,
dikarenakan tabel pembuat sudah memenuhi persyaratan bentuk 3NF, yaitu tidak
adatransitive depedency,
dimana setiap atribut disimpan pada tabel masing-masing.
Tabel Pembuat (3NF) :
Kd_pembuat
|
Nama
|
instansi
|
telepon
|
email
|
Password
|
PK
|
CK
|
Gambar 4.5 Normalisasi 3NF tabel pembuat
4.1.5.2 Tabel Game
Berikut
adalah bentuk awal dari tabel game sebelum dinormalisasi (unnormal):
Tabel Game (Unnormal)
:
Kd_game
|
judul
|
deskripsi
|
jenis
|
kategori
|
||
PK
|
||||||
screenshot
|
Kd_pembuat
|
Kd_pengguna
|
Tgl_unduh
|
|||
FK
|
FK
|
|||||
Gambar
4.6 Bentuk awal tabel game
1.
1 NF
Tidak
perlu melakukan perubahan pada tabel pembuat untuk proses normalisasi 1NF,
dikarenakan tabel pembuat sudah memenuhi persyaratan bentuk 1NF, yaitu tidak
memiliki atribut yang berulang. Dapat dilihat dari setiap atribut dari tabel
pembuat bersifat atomik (tunggal).
Tabel Game (1NF) :
Kd_game
|
judul
|
deskripsi
|
jenis
|
kategori
|
||
PK
|
||||||
screenshot
|
Kd_pembuat
|
Kd_pengguna
|
Tgl_unduh
|
|||
FK
|
FK
|
|||||
Gambar
4.6 Normalisasi 1 NF tabel Game
1.
2 NF
Diperlukan
adanya tabel tambahan untuk menampung kategori, serta screenshot dan unduh.
Dikarenakan field tersebut tidak memiliki ketergantungan dengan primary
key dari tabel game. Sehingga setelah proses
normalisasi 2NF akan didapatkan tabel:
Tabel Game (2NF) :
Kd_game
|
judul
|
deskripsi
|
Jenis
|
Kd_pembuat
|
PK
|
FK
|
Tabel Kategori (2NF):
Kd_kategori
|
Kategori
|
PK
|
CK
|
Tabel RelasiKategori
(2NF):
Kd_kategori
|
Kd_game
|
Composite Key
|
Tabel Screenshot
(2NF):
Kd_screenshot
|
Kd_game
|
PK
|
FK
|
Tabel Unduh (2NF):
Kd_game
|
Kd_pengguna
|
Tgl_unduh
|
Composite Key
|
Gambar
4.10 Normalisasi 2NF tabel game
1.
3 NF
Tidak
diperlukan perubahan pada tabel game untuk normalisasi 2NF, dikarenakan tabel
game sudah memenuhi persyaratan bentuk 3NF, yaitu tidak ada transitive
depedency, dimana setiap atribut disimpan pada tabel
masing-masing.
Tabel Game (3NF) :
Kd_game
|
judul
|
deskripsi
|
Jenis
|
Kd_pembuat
|
PK
|
FK
|
Tabel Kategori (3NF):
Kd_kategori
|
Kategori
|
PK
|
CK
|
Tabel RelasiKategori
(3NF):
Kd_kategori
|
Kd_game
|
Composite Key
|
Tabel Screenshot
(3NF):
Kd_screenshot
|
Kd_game
|
PK
|
FK
|
Tabel Unduh (3NF):
Kd_game
|
Kd_pengguna
|
Tgl_unduh
|
Composite Key
|
Gambar
4.11 Normalisasi 3NF tabel game
4.1.5.3 Tabel
Pengguna
Berikut
adalah bentuk awal dari tabel pengguna sebelum dinormalisasi:
Tabel Pengguna (Unnormal)
:
Kd_pengguna
|
email
|
PK
|
CK
|
Gambar 4.12 Bentuk awal tabel pengguna
1.
1 NF
Tidak
perlu melakukan perubahan pada tabel pembuat untuk proses normalisasi 1NF,
dikarenakan tabel pengguna sudah memenuhi persyaratan bentuk 1NF, yaitu tidak
memiliki atribut yang berulang. Dapat dilihat dari setiap atribut dari tabel
pembuat bersifat atomik (tunggal).
Tabel Pengguna (1NF)
:
Kd_pengguna
|
email
|
PK
|
CK
|
Gambar 4.13 Normalisasi 1NF tabel pengguna
1.
2 NF
Tidak
perlu melakukan perubahan pada tabel pembuat untuk proses normalisasi 2NF,
dikarenakan tabel pengguna sudah memenuhi persyaratan bentuk 2NF, yaitu tidak
adapartial depedency,
setiap atribut pada tabel memiliki ketergantungan penuh pada primary
key tabel tersebut. Setiap atribut dari tabel pembuat
memiliki ketergantungan penuh pada atribut kd_pengguna (primary key).
Tabel Pengguna (2NF)
:
Kd_pengguna
|
email
|
PK
|
CK
|
Gambar 4.14 Normalisasi 2NF tabel pengguna
1.
3 NF
Tidak
perlu melakukan perubahan pada tabel pembuat untuk proses normalisasi 3NF,
dikarenakan tabel pengguna sudah memenuhi persyaratan bentuk 3NF, yaitu tidak
adatransitive depedency,
dimana setiap atribut disimpan pada tabel masing-masing.
Tabel Pengguna (3NF)
:
Kd_pengguna
|
email
|
PK
|
CK
|
Gambar 4.15 Normalisasi 3NF tabel pengguna
Daftar
tabel setelah proses normalisasi bentuk ketiga adalah:
Tabel Pembuat (3NF):
Kd_pembuat
|
Nama
|
instansi
|
telepon
|
email
|
Password
|
PK
|
CK
|
Tabel Game (3NF):
Kd_game
|
judul
|
deskripsi
|
Jenis
|
Kd_pembuat
|
PK
|
FK
|
Tabel Kategori (3NF):
Kd_kategori
|
Kategori
|
PK
|
CK
|
Tabel RelasiKategori
(3NF):
Kd_kategori
|
Kd_game
|
Composite Key
|
Tabel Screenshot
(3NF):
Kd_screenshot
|
Kd_game
|
PK
|
FK
|
Tabel Unduh (3NF):
Kd_game
|
Kd_pengguna
|
Tgl_unduh
|
Composite Key
|
Tabel Pengguna (3NF):
Kd_pengguna
|
Email
|
PK
|
CK
|
1.
Spesifikasi Basis Data
Spesifikasi
basis data menjelaskan secara detail tentang masing-masing basis data yang
digunakan dalam sistem informasi manajemen game di SEAMOLEC adalah:
1.
Nama
File : Pembuat
Media :
Hardisk
Isi :
Data – data pembuat game
Organisasi :
Sequensial
Primary
Key : kd_pembuat
Panjang
Record : 79 byte
Struktur
: Lihat tabel di bawah ini
Tabel 4.1 Struktur basis data pembuat
No.
|
Nama
Atribut
|
Jenis
|
Panjang
|
Keterangan
|
1
|
Kd_pembuat
|
Char
|
4
|
Kode pembuat
|
2
|
Nama
|
VarChar
|
30
|
Nama pembuat
|
3
|
Instansi
|
VarChar
|
30
|
Instansi asal pembuat
|
4
|
Telepon
|
N
|
15
|
Telepon pembuat
|
5
|
Email
|
VarChar
|
30
|
Email pembuat
|
6
|
Password
|
VarChar
|
15
|
Password pembuat
|
Rancangan
Kode :
·
Format untuk kode pembuat adalah :
9999
·
Dimana kode pembuat merupakan nomor
urut pendaftaran mereka dalam sistem.
1.
Nama
File : Game
Media :
Hardisk
Isi :
Data – data mengenai game tersebut
Organisasi :
Sequensial
Primary
Key : kd_game
Panjang
Record : 73 byte
Struktur
: Lihat tabel di bawah ini
Tabel 4.2 Struktur basis data game
No.
|
Nama
Atribut
|
Jenis
|
Panjang
|
Keterangan
|
1
|
Kd_game
|
Char
|
4
|
Kode game
|
2
|
Judul
|
VarChar
|
30
|
Judul dari Game
|
3
|
Deskripsi
|
Text
|
1024
|
Deskripsi dari game
|
4
|
Jenis
|
VarChar
|
15
|
Jenis dari game
|
5
|
Kd_pembuat
|
Char
|
4
|
Kode pembuat game
|
Rancangan
Kode :
·
Format untuk kode game adalah : 9999
·
Dimana kode pembuat merupakan nomor
urut pendaftaran game dalam sistem.
1.
Nama
File : Kategori
Media :
Hardisk
Isi :
Data mengenai daftar kategori game yang ada
Organisasi :
Sequensial
Primary
Key : -
Panjang
Record : 34 byte
Struktur
: Lihat tabel di bawah ini
Tabel 4.3 Struktur basis data kategori
No.
|
Nama
Atribut
|
Jenis
|
Panjang
|
Keterangan
|
1
|
Kd_kategori
|
Char
|
4
|
Kode untuk kategori
|
2
|
kategori
|
VarChar
|
30
|
Nama Kategori
|
Rancangan
Kode :
·
Format untuk kode kategori adalah :
99
·
Dimana kode kategori merupakan nomor
urut pendaftaran kategori dalam sistem.
1.
Nama
File : RelasiKategori
Media :
Hardisk
Isi :
Data mengenai kategori untuk produk game
Organisasi :
Sequensial
Primary
Key : -
Panjang
Record : 8 byte
Struktur
: Lihat tabel di bawah ini
Tabel 4.4 Struktur basis data relasi kategori
No.
|
Nama
Atribut
|
Jenis
|
Panjang
|
Keterangan
|
1
|
Kd_game
|
Char
|
4
|
Kode game
|
2
|
Kd_kategori
|
Char
|
4
|
Kode kategori
|
1.
Nama
File : Screenshot
Media :
Hardisk
Isi :
Data mengenai screenshot untuk produk game
Organisasi :
Sequensial
Primary Key :
-
Panjang
Record : 8 byte
Struktur
: Lihat tabel di bawah ini
Tabel 4.5 Struktur basis data game
No.
|
Nama
Atribut
|
Jenis
|
Panjang
|
Keterangan
|
1
|
Kd_screenshot
|
Char
|
4
|
Kode game
|
2
|
Kd_game
|
Char
|
4
|
Kode kategori
|
Rancangan
Kode :
·
Format untuk kode screenshot adalah :
9999
·
Dimana kode screenshot merupakan
nomor urut pendaftaran screenshot ke dalam sistem.
1.
Nama
File : Pengguna
Media :
Hardisk
Isi :
Data mengenai pengguna
Organisasi :
Sequensial
Primary
Key : -
Panjang
Record : 34 byte
Struktur
: Lihat tabel di bawah ini
Tabel 4.6 Struktur basis data pengguna game
No.
|
Nama
Atribut
|
Jenis
|
Panjang
|
Keterangan
|
1
|
Kd_pengguna
|
Char
|
4
|
Kode pengguna
|
2
|
email
|
VarChar
|
30
|
Email pengguna
|
Rancangan
Kode :
·
Format untuk kode pengguna adalah
9999
·
Dimana kode pengguna merupakan nomor
urut pendaftaran screenshot ke dalam sistem.
1.
Nama
File : Unduh
Media :
Hardisk
Isi :
Data mengenai proses unduh yang dilakukan
Organisasi :
Sequensial
Primary
Key : -
Panjang
Record : 20 byte
Struktur
: Lihat tabel di bawah ini
Tabel 4.7 Struktur basis data unduh
No.
|
Nama
Atribut
|
Jenis
|
Panjang
|
Keterangan
|
1
|
Kd_unduh
|
Char
|
4
|
Kode pengguna
|
2
|
Kd_pengguna
|
Char
|
4
|
Kode pengguna
|
3
|
Kd_game
|
Char
|
4
|
Kode game
|
4
|
Tanggal
|
Date
|
8
|
Tanggal unduh
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar